Jumat, 02 Desember 2016

Tautomeri



Suatu senyawa karbonil dengan suatu hidrogen alfa yang bersifat asam, dapat berada dalam dua bentuk yang disebut tautomer. Tautomer adalah isomer-isomer yang berbeda satu dengan yang lainnya hanya pada posisi ikatan rangkap dan sebuah atom hidrogen berhubungan. Tautomer keto suatu senyawa karbonil mempunyai struktur karbonil seperti diharapkan. Tautomer enol (dari –ena+-ol) yang merupakan suatu alkohol vinilik, terbentuk dengan serah-terima sebuah hidrogen asam dari karbon α ke oksigen karbonil. Karena atom hidrogen berada dalam posisi yang berlainan, kedua bentuk tautometrik ini bukanlah struktur-resonansi, melainkan dua struktur berlainan yang berada dalam kesetimbangan.

Tautomeri adalah Peristiwa perpindahan atom H pada atom O, S, N. Tautomeri adalah perpindahan atom dalam satu molekul menjadi isomer. contohnya perubahan keto menjadi enol.
 
Bentuk enol tidak hanya memiliki ikatan rangkap berkonjugasi, yang sedikit menambah kestabilan, tetapi juga memiliki susunan yang sedemikian rupa sehingga mmemungkinkan terbentuknya ikatan hidrogen internal, yang membantu menstabilkan tautomer ini.
Reaksi pembentukan tautomer dapat dibantu dengan katalis Basa dan Asam. Berikut adalah reaksi tautomeri yang dibantu dengan katalis basa :

Dengan bantuan katalis Basa terjadi reaksi sebagai berikut : 1. deprotonasi; 2. pembentukan anion yang terdelokalisasi (misalnya enolat); 3. protonasi pada posisi yang berbeda pada anion). Berikut adalah reaksi tautomeri yang dibantu dengan katalis Asam :

Dengan bantuan katalis Asam terjadi reaksi sebagai berikut Asam : 1. protonasi; 2. pembentukan kation yang terdelokalisasi; 3. deprotonasi pada sebelah posisi yang berbeda pada anion.

Kuantitas relative enol versus keto dalam suatu cairan murni dapat diperkirakan dengan spektroskopi inframerah atau NMR. Aldehid/keton dapat berada dalam bentuk keto atau enol, namun dari kedua tautomer ini tautomer keto lah yang paling banyak teramtai, sehingga 99,9997% dalam bentuk keto sedangkan bentuk enol hanya 0,0003%. Dengan memiliki tabel energi ikatan maka akan tampak bahwa energi ikatan C=O yang lebih besar dari pada C=C, begitu juga ikatan C-H energi ikatannya lebih besar dari O-H. Dengan demikian bentuk keto akan lebih stabil dari pada enol. 
 
Terjadi pengecualian pada senyawa fenol, dimana bentuk enol lebih stabil dibandingkan bentuk keto karena Bentuk keto pada fenol dapat merusak sistem 6 elektron pi aromatik, sehingga tidak menjamin kestabilannya. 




DAFTAR PUSTAKA

http://atom-green.blogspot.co.id/2013/10/tautomeri.html

https://www.google.com/search?q=tautomeri+keto+enol&client=firefox-b-ab&sa=X&biw=1366&bih=657&tbm=isch&tbo=u&source=univ&ved=0ahUKEwjC1sjqodfQAhVBs48KHVr9D2cQsAQIKQ#imgrc=e5F31IC2tp87bM%3A
https://www.google.com/search?q=tautomeri&client=firefox-b-ab&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjz54-bzvDQAhVMqo8KHXeyCPUQ_AUIBigB#imgrc=e1VT8n83KUd_1M%3A 
https://www.google.com/search?q=tautomeri&client=firefox-b-ab&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjz54-bzvDQAhVMqo8KHXeyCPUQ_AUIBigB#imgrc=1nJhiAo0BZe5WM%3A 
https://www.google.com/search?q=tautomeri&client=firefox-b-ab&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjz54-bzvDQAhVMqo8KHXeyCPUQ_AUIBigB#imgrc=GGpX8RE1xr6ZEM%3A



12 komentar:

  1. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas penjelasannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terima kasih postingannya, sangat membantu.

    BalasHapus
  5. Mohon jelaskan contoh tautomer yang lain, selain tautomer keto-enol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Tautomer tidak hanya keto-enol saja, tautomer lain yaitu pada imina-enamina, nitroso-oksim,dan nitro-aci.

      Hapus
  6. terima kasih postingan sangan membantu. ditunggu postingan selanjutnya :)

    BalasHapus
  7. Terima aksih atas penjelasan tentang materi tautomeri ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali atas kunjungan dan komentarnya, semoga membantu.

      Hapus