Selasa, 11 April 2017

Gugus Pelindung

Dalam sintesis senyawa organik jika molekul yang ingin direaksikan mengandung dua gugus fungsi yang reaktif sementara yang diinginkan hanya salah satu gugus fungsi saja yang bereaksi maka dapat digunakan gugus pelindung sebagai solusinya.
Gugus pelindung atau gugus proteksi adalah suatu gugus fungsional yang digunakan untuk melindungi gugus tertentu supaya tidak turut bereaksi dengan pereaksi atau pelarut selama proses sintesis kimia berlangsung. Gugus pelindung tersebut ditambahkan ke dalam molekul melalui modifikasi kimia pada suatu gugus fungsi untuk mencapai kemoselektivitas pada reaksi kimia selanjutnya. Pada tahap akhir gugus pelindung ini akan dihilangkan dengan pereaksi tertentu atau deproteksi. Deproteksi adalah penghilangan atau reduksi gugus pelindung menjadi gugus fungsi awal yang dilindungi.
Pemilihan gugus pelindung :
1.      Mudah dimasukan dan dihilangkan.
2.      Tahan terhadap reagen yang akan menyerang gugus fungsional yang tidak terlindungi.
3.    Stabil dan hanya bereaksi dengan pereaksi khusus untuk mengenbalikan gugus fungsi aslinya.
4.      Gugus pelindung seharusnya tidak mengganggu reaksi yang dilakukan sebelum dihapus.
Berikut adalah contoh beberapa gugus pelindung :
Gugus Pelindung Alkohol
Proteksi gugus alkohol dapat dilakukan dengan menggunakan gugus pelindung berikut :
·         Asetil (Ac) – dihilangkan dengan asam atau basa (lihat gugus asetoksi).
·         Benzoil (Bz) – dihilangkan dengan asam atau basa, lebih stabil dibanding gugus Ac.
·         Benzil (Bn) – dihilangkan dengan hidrogenolisis. Gugus Bn digunakan secara luas dalam kimia gula dan nukleosida.
·         Eter β-metoksietoksimetil (MEM) – dihilangkan dengan asam.
·         Dimetoksitritil, [bis-(4-metoksifenil)fenilmetil] (DMT) – dihilangkan dengan asam lemah. Gugus DMT digunakan secara luas dalam proteksi gugus 5'-hidroksi dalam nukleosida, umumnya dalam sintesis oligonukleotida.
·         Eter metoksimetil (MOM) – dihilangkan dengan asam.
·         Methoxytrityl [(4-metoksifenil)difenilmetil] (MMT) – dihilangkan dengan asam dan hidrogenolisis.
·         Eter p-metoksibenzil (PMB) – dihilangkan dengan asam, hidrogenolisis, atau oksidasi.
·         Eter metiltiometil – dihilangkan dengan asam.
·         Pivaloil (Piv) – dihilangkan dengan asam, basa atau agen pereduksi. Secara umum lebih stabil dibanding gugus pelindung asil lainnya.
·         Tetrahidropiranil (THP) – dihilangkan dengan asam.
·         Tetrahidrofuran (THF) - dihilangkan dengan asam.
·         Tritil (trifenilmetil, Tr) – dihilangkan dengan asam and hidrogenolisis.
·         Eter Silil (salah satu yang populer termasuk eter trimetilsilil (TMS), tert-butildimetilsilil (TBDMS), tri-iso-propilsililoksimetil (TOM), dan triisopropilsilil (TIPS)) – dihilangkan dengan asam atau ion fluorida. (seperti NaF, TBAF (tetra-n-butilamonium fluorida, HF-Py, atau HF-NEt3)). Gugus TBDMS dan TOM digunakan untuk proteksi gugus 2'-hidroksi dalam nukleosida, umumnya dalam sintesis oligonukleotida.
·         Eter metil – pembelahan dengan TMSI dalam diklorometana atau asetonitril atau kloroform. Sebuah metode alternatif untuk membelah metil eter adalah BBr3 dalam DCM
·         Eter etoksietil (EE) – pembelahan lebih trivial dibanding eter sederhana misalnya dalam 1N asam klorida


Gugus Pelindung Keton dan Aldehida
Keton dan aldehida dilindungi sebagai ketal dan asetal siklik maupun asiklik, Stabil terhadap basa dan dihilangkan dengan H3O+Contoh penggunaan gugus pelindung pada senyawa etil 5-oxobenxanoat 


Gugus Pelindung Amina
Berikut adalah gugus pelindung untuk senyawa amina :



Daftar Pustaka
https://www.scribd.com/doc/43727624/Bab-v-Gugus-Pelindung. Diakses pada 11 april 2017 pukul 22.34 wib.
Amanatie. 2014. Buku Pegangan Mahasiswa Kimia Organik Sintesis. Yogyakata: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakata.
http://www.vanderbilt.edu/AnS/Chemistry/Rizzo/chem223/protect.pdfDiakses pada 11 april 2017 pukul 23.10 wib.
https://id.wikipedia.org/wiki/Gugus_pelindungDiakses pada 12 april 2017 pukul 00.20 wib.

24 komentar:

  1. Bagaimana hubungan kemoselektivitas dengan gugus pelindung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemoselektivitas merupakan masalah dalam sintesis organik dimana pereaksi hanya bereaksi dengan gugus fungsional yang dikehendaki (tertentu) atau hanya bereaksi sampai pada tahapan tertentu atau menghasilkan suatu produk dengan stereokimia tertentu Misalkan, molekul yang akan direaksikan mengandung dua gugus fungsi yang reaktif padahal kita hanya menginginkan salah satu dari kedua gugus fungsi tersebut yang bereaksi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan gugus pelindung.Gugus pelindung merupakan solusi bagi masalah kemoselektivitas dalam sintesis senyawa organik.

      Hapus
  2. Gugus pelindung alkohol diantaranya ada asetil dan benzoil,keduanya sama-sama dapat dihilangkan dengan asam ataupun basa namun benzoil dinyatakan lebih stabil dari asetil apa yang menyebabkan benzoil lebih stabil dibanding asetil? Mohon dijelaskan.

    BalasHapus
  3. Jelaskan penghilangan gugus pelindung dengan cara hidrogenolisis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas penjelasannya, sya ingin bertanya bagaimana cara menentukan gugus pelindung yang cocok digunakan dalam melakukan sintesis ? Terimakasih

      Hapus
    2. Gugus pelindung harus bersifat selektif, substrat terlindungi dan stabil ketika reaksi, harus selektif disingkirkan oleh reagen pereduksi dan tidak memiliki gugus fungsi lain karena ditakutkan ikut bereaksi

      Hapus
    3. Hidrogenolisis adalah reaksi kimia dimana karbon-karbon atau ikatan tunggal karbon-heteroatom dibelah atau mengalami lisis (pemecahan) oleh hidrogen. heteroatom dapat bervariasi, tapi biasanya adalah oksigen, nitrogen, atau belerang.

      Hapus
  4. Gugus pelindung untuk senyawa amina yang mana yang paling baik?? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gugus pelindung yang lebih selektif dalam memproteksi gugus amina tersebut, gugus pelindung tersebut ialah gugus asetil yang mengakibatkan amina membentuk amida

      Hapus
  5. Hay yunia. Bisa kah yunia jelaskan secara singkt mengapa suatu gugus amina bisa diktakan gugus pelindung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, amina bukan gugus pelindung. Gugus fungsi amina memiliki perbedaan keelektronegatifan sehingga reaktif, amina merupakan gugus fungsi yang dilindungi oleh gugus pelindung seperti amida.

      Hapus
  6. Hay yunia. Bisa kah yunia jelaskan secara singkt mengapa suatu gugus amina bisa diktakan gugus pelindung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, amina bukan gugus pelindung. Gugus fungsi amina memiliki perbedaan keelektronegatifan sehingga reaktif, amina merupakan gugus fungsi yang dilindungi oleh gugus pelindung seperti amida.

      Hapus
  7. Berikan contoh gugus pelindung pada amina dan penjelasannya dgn bahasa sendiri agar mudah dipahami dan dimengerti terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gugus amina dapat diproteksi dengan gugus pelindung benzyl (Bn), gugus pelindung benzyl dapat direaksikan dengan suatu amina primer dengan cara mereaksikan suatu metil-phenil dalam pelarut NaOEt dengan Et3N sebagai katalis.

      Hapus
  8. bisakah anda berikan contoh gugus alkohol menggunakan gugus pelindung benzoil? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh alkohol yang dapat diproteksi menggunakan benzoil adalah fenol

      Hapus
  9. contoh penggunaan gugus pelindung untuk gugus fungsi karbonil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gugus pelindung yang digunakan untuk proteksi gugus karbonil adalah asetal, ketal, asilal, dan ditian.

      Hapus
  10. Apa penyebabnya pada reaksi gugus pelindung metil eter itu susah untuk dihilangkan kecuali untuk fenol tolong jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Gugus pelindung metil eter tidak hanya dapat dihilangkan dengan fenol saja. Prinsipnya gugus pelindung metil eter ini dapat dihilangkan dengan asam. fenol itu sendiri merupakan senyawa asam, sehingga lebih mudah penghilangannya menggunakan fenol. Senyawa lain yang dapat digunakan untuk deprotonasi adalah HI pekat, trimetilsilil iodida, dan asam lewis.

      Hapus
  11. I have long felt a special connection with herbal medicine. First, it's natural, Charlie attended the same small college in Southern California - Claremont Men's College - although he dropped out of school to enroll in the Julliard School of Performing Arts in New York. York. Had he been to Claremont, he would have been senior the year I started there; I often thought that was the reason he was gone when he discovered that I had herpes. So, my life was lonely, all day, I could not stand the pain of the outbreak, and then Tasha introduced me to Dr. Itua who uses her herbal medicines to cure her two weeks of consumption. I place an order for him and he hands it to my post office, then I pick it up and use it for two weeks. All my wound is completely healed no more epidemic. I tell you honestly that this man is a great man, I trust him Herbal medicine so much that I share this to show my gratitude and also to let sick people know that there is hope with Dr. Itua. Herbal Phytotherapy.Dr Itua Contact Email.drituaherbalcenter@gmail.com/ info@drituaherbalcenter.com. Whatsapp ... 2348149277967
    He cures.
    Herpes,
    Breast Cancer
    Brain Cancer
    CEREBRAL VASCULAR ACCIDENT.
    Hepatitis,Glaucoma., Cataracts,Macular degeneration,Cardiovascular disease,Lung disease.Enlarged prostate,Osteoporosis.Alzheimer's disease,
    Dementia.Tach Disease,Shingles,
    Lung Cancer
    H.P.V TYPE 1 TYPE 2 TYPE 3 AND TYPE 4. TYPE 5.
    HIV,Arthritis,Amyotrophic Lateral Scoliosis,Fibromyalgia,Fluoroquinolone Toxicity
    Cervical Cancer
    Colo-rectal Cancer
    Blood Cancer
    SYPHILIS.
    Diabetes
    Liver / Inflammatory kidney
    Epilepsy

    BalasHapus